~~SCD.SIEGMA.07~~

Life is Freedom


Rabu, 22 Oktober 2008

PIRANTI JARINGAN

PIRANTI JARINGAN

A. Konsep Dasar Jaringan
a. Definisi Jaringan Komputer
ü Jaringan komputer adalah sekelompok komputer yang saling dihubungkan dengan menggunakan aturan komunikasi sehingga antara komputer yang satu dengan yang lain dapat saling berbagi data atau berbagai sumber daya peralatan komputer.
ü Jaringan komputer adalah sebuah sistem yang terdiri atas komputer dan perangkat jaringan lainnya yang bekerja bersama-sama untuk mencapai suatu tujuan yang sama.
ü Jaringan komputer adalah sebuah kumpulan komputer, printer dan peralatan lainnyayang terhubung dalam satu kesatuan.


b. Berdasarkan fungsinya jaringan dibedakan sebagai berikut :
ü Client-server
Yaitu jaringan komputer dengan komputer yang didedikasikan khusus sebagai server. Sebuah service/layanan bisa diberikan oleh sebuah komputer atau lebih. Contohnya adalah sebuah domain seperti www.detik.com yang dilayani oleh banyak komputer web server. Atau bisa juga banyak service/layanan yang diberikan oleh satu komputer. Contohnya adalah server jtk.polban.ac.id yang merupakan satu komputer dengan multi service yaitu mail server, web server, file server, database server dan lainnya.

ü Peer-to-peer
Yaitu jaringan komputer dimana setiap host dapat menjadi server dan juga menjadi client secara bersamaan. Contohnya dalam file sharing antar komputer di Jaringan Windows Network Neighbourhood ada 5 komputer (kita beri nama A,B,C,D dan E) yang memberi hak akses terhadap file yang dimilikinya. Pada satu saat A mengakses file share dari B bernama data_nilai.xls dan juga memberi akses file soal_uas.doc kepada C. Saat A mengakses file dari B maka A berfungsi sebagai client dan saat A memberi akses file kepada C maka A berfungsi sebagai server. Kedua fungsi itu dilakukan oleh A secara bersamaan maka jaringan seperti ini dinamakan peer to peer.


c. Klasifikasi jaringan berdasarkan skala :
1. Local Area Network (LAN)
Local Area Network (LAN), merupakan jaringan milik pribadi di dalam sebuah gedung atau kampus yang berukuran sampai beberapa kilometer. LAN seringkali digunakan untuk menghubungkan komputer-komputer pribadi dan workstation dalam kantor suatu perusahaan atau pabrik-pabrik untuk memakai bersama sumberdaya (resouce, misalnya printer) dan saling bertukar informasi.
2. Metropolitan Area Network (MAN)
Metropolitan Area Network (MAN), pada dasarnya merupakan versi LAN yangberukuran lebih besar dan biasanya menggunakan teknologi yang sama dengan LAN. MAN dapat mencakup kantor-kantor perusahaan yang letaknya berdekatan atau juga sebuah kota dan dapat dimanfaatkan untuk keperluan pribadi (swasta) atau umum. MAN mampu menunjang data dan suara, bahkan dapat berhubungan dengan jaringan televisi kabel.
3. Wide Area Network (WAN)
Wide Area Network (WAN), jangkauannya mencakup daerah geografis yang luas,seringkali mencakup sebuah negara bahkan benua. WAN terdiri dari kumpulan mesin-mesin yang bertujuan untuk menjalankan program-program (aplikasi) pemakai.

4. Internet
Sebenarnya terdapat banyak jaringan didunia ini, yang seringkali menggunakan perangkat keras dan perangkat lunak yang berbeda-beda . Orang yang terhubung ke jaringan sering berharap untuk bisa berkomunikasi dengan orang lain yang terhubung ke jaringan lainnya. Keinginan seperti ini memerlukan hubungan antar jaringan yang seringkali berbeda. Biasanya untuk melakukan hal ini diperlukansebuah mesin yang disebut gateway guna melakukan hubungan dan melaksanakanterjemahan yang diperlukan, baik perangkat keras maupun perangkat lunaknya.Kumpulan jaringan yang terinterkoneksi inilah yang disebut dengan internet.
Jarak antar Prosesor
Prosesor di tempat yang sama
Contoh
10 m
Ruangan
Local Area Network
100 m
Gedung
1 km
Kampus
10 km
Kota
Metropolitan Area Network
100 km
Negara
Wide Area Network
1.000 km
Benua
10.000 km
Planet
Internet


B. TOPOLOGI JARINGAN
Topologi jaringan : gambaran secara fisik dari pola hubungan antara komponen-komponen jaringan, meliputi server, workstation/client, hub dan pengkabelannya.

Ada beberapa topologi jaringan yang umum digunakan, antara lain :
Topologi bus


Gambar Topologi Bus

Pada teknologi bus digunakan sebuah kabel tunggal atau kabel pusat, dimana seluruh client/workstation dan server dihubungkan. Biasanya antar komputer dikoneksikan melalui kabel koaksial.

Kelebihan
Kekurangan
- Hemat kabel
- Layout kabel sederhana
- Mudah dikembangkan
- Deteksi kesalahan sangat kecil
- Kepadatan lalu lintas
- Bila salah satu client rusak, maka jaringan tidak berfungsi
- Perlu repeater untuk jarak jauh
Topologi star

Gambar Topologi Star

Pada topologi star, masing-masing client dihubungkan secara langsung ke server atau hub. Biasanya komputer yang terkoneksi ke jaringan terhubung melalui kabel UTP. Dengan adanya kabel tersendiri untuk setiap client ke server maka bandwidth atau lebar jalur komunikasi dalam kabel akan semakin lebar sehingga akan meningkatkan unjuk kerja jaringan secara keseluruhan.

Kelebihan
Kekurangan
- Kerusakan pada satu saluran hanya akan mempengaruhi jaringan pada saluran tersebut dan station yang terpaut.
- Tingkat keamanan termasuk tinggi.
- Tahan terhadap lalu lintas jaringan yang sibuk.
- Penambahan dan pengurangan station dapat dilakukan dengan mudah.
- Kebutuhan kabel yang lebih banyak dibandingkan topologi lain


Topologi cincin / ring (token ring)
Gambar Topologi Ring

Topologi cincin adalah topologi jaringan dimana setiap titik terkoneksi ke dua titik lainnya, membentuk jalur melingkar membentuk cincin. Tiap client atau server akan menerima dan melewatkan informasi dari satu komputer ke komputer lain, bila alamat yang dimaksud sesuai maka informasi diterima, dan bila tidak maka informasi akan dilewatkan.

Kelebihan
Kekurangan
Tidak terjadinya collisions atau tabrakan pengirimman data seperti pada topologi bus.
Jika ada gangguan di satu node maka seluruh jaringan akan terganggu

Topologi Mesh
Gambar Topologi Mesh

Topologi mesh memiliki jalur ganda dari setiap peralatannya. Semakin banyak jumlah komputer di jaringan , semakin sulit pemasangan kabel-kabel jaringannya karena jumlah kabel yang harus dipasang menjadi berlipat ganda. Oleh sebab itu jaringan mesh yang murni di mana setiap peralatan jaringan dihubungkan satu dengan yang lain jarang digunakan. Yang sering dipakai adalah pembuatan jalur ganda untuk hubungan-hubungan utama sebagai jalur cadangan jika terjadi kesulitan di jalur utama.

Topologi Tree / Star-Bus

Gambar Topologi Tree / Star-Bus

Topologi star-bus merupakan gabungan dari topologi star dan topologi bus, merupakan topologi yang paling sering dipakai. Komputer-komputer dihubungkan ke hub, sedangkan hub yang satu dengan lainnya dihubungkan sebagai jalur tulang punggung (backbone) yang menyerupai topologi bus.


C. MANFAAT JARINGAN
Beberapa manfaat jaringan adalah sebagai berikut :
Resource sharing
Resource sharing mempunyai pengertian, menggunakan peralatan dan sarana penunjang secara bersama-sama. Dengan adanya jaringan komputer maka pemakaian beberapa peralatan komputer seperti printer, harddisk, scanner, modem dan lainnya dapat dilakukan bersama-sama atau saling bergantian tanpa harus memindahkan posisi peralatan tersebut.

Software sharing
Selain menggunakan peralatan hardware secara bersama-sama, adanya jaringan juga akan bisa memanfaatkan perangkat lunak secara bersama-sama pula. Beberapa tipe software PC, misalnya program database di desain disamping dapat digunakan oleh satu pemakai juga dimungkinkan untuk dipakai bersama-sama dengan pemakai lain dalam waktu yang sama, untuk mengakses dan mengupdate file-file tadi. Paket yang lain, seperti pengolahan kata, pengolahan angka (spreadsheet), kebanyakan di desain hanya untuk satu pemakai yang dapat mengupdate file.

Komunikasi
Komunikasi antar pemakai dalam suatu jaringan dapat dilakukan dengan menggunakan e-mail atau video conference. Sehingga kebutuhan akan komunikasi antar pemakai dapat dipenuhi tanpa harus berpindah dari tempat kerjanya.

Pemrosesan terpusat atau terdistribusi
Dalam suatu jaringan komputer, data dapat diolah secara terpusat ataupun secara terdistribusi. Pemrosesan secara terpusat dilakukan apabila sebuah data yang dibuat oleh tiap pemakai jaringan dikehendaki untuk disatukan dalam komputer pusat. Sebaliknya pemrosesan terdistribusi dilakukan apabila suatu pekerjaan pengolahan data dari komputer pusat dapat dikerjakan oleh tiap pemakai berdasarkan spesialisasi bidang kerjanya.

Keamanan data
Keamanan data dapat diatur oleh supervisor dengan pemberian hak akses, pembatasan waktu akses dan pemberian password untuk melindungi pemakaian komputer pusat.

0 komentar: